Minggu, 25 Oktober 2020

Teori Kepribadian George A. Kelly

 

    


Mohammad Evansyah
19310410049
Pssikologi Kepribadian II
Dosen Pengampu : FX. Wahyu Widiantoro S.Psi., M.A

    George A. Kelly lahir tahun 1905 di Perth, Kansas dan wafat pada 6 Maret 1967. George adalah anak tunggal dari Elfleda M. Kelly dan Theodore V. Kelly.

    Teori kepribadian Kelly memiliki dasar terkait dengan pikiran individu (kognitif). Teorinya menekankan pada pendekatan idiographic dan orientasinya yang teleologis. Teori Kelly hampir mirip dengan teori individual Adler, bahwa manusia tidak diatur oleh realita, akan tetapi membuat tujuannya sendiri berdasarkan cara individu memaknai setiap peristiwa. Proses adaptasi dan penyesuaian dapat diprediksi melalui konstruk yang dimiliki oleh setiap individu. Proses kognitif merupakan pusat kepribadian individu, sedangkan emosi dan perilaku dipengaruhi oleh kognisi. Relasi sosial sebagai usaha individu untuk memahami konstruk personal individu lainnya. intinya Kelly memandang manusia sebagai ilmuwan.

    Kunci variabel struktur dari teori kepribadian Kelly adalah konstruk personal. Konstruk adalah elemen pengetahuan, konstruk adalah konsep yang digunakan untuk menginterpretasi, atau menafsirkan dunia.  Kelly mengukuhkan bahwa konstruk itu tersusun dari dua kutub atau kombinasi: persamaan-perbedaan. Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak dapat memahami hakikat konstruk seseorang, apabila dia hanya menggunakan kutub persamaan atau perbedaan saja. Kita tidak akan tau konstruk seseorang, sehingga memahami peristiwa-peristiwa yang menyertainya, dan pandanga dia tentang peristiwa itu, apakah dia memandang bahwa peristiwa-peristiwa tersebut bertentangan dengan konstruk yang telah dimilikinya.

Konstruk-konstruk itu dapat dikategorikan ke dalam cara yang bervariasi, yaitu sebagai berikut:

a.       Core (inti), konstruk dasar dari fungsi individu.

b.      Peripheral (pinggir, luar), konstruk yang dapat diubah tanpa modifikasi mendasar, serius dari konstruk inti.

c.       Permeable (dapat ditembus), konstruk yang terbuka, dari menerima elmen-elmen yang aru.

d.      Impermeable, (tak tembus/tertutup), konstruk yang menolak elmen-elmen baru.

e.       Tight (rapat/erat). Konstruk yang tidak mengubah-ubah prediksi.

f.       Loose (longgar), konstruk dalam mana individu mengharapkan satu hal dalam satu waktu, dan hal yang berbeda dalam kondisi yang sama.

g.      Verbal, konstruk yang mempunyai simbol kata yang konsisten/ajeg.

h.      Preverbal, konstruk dalam mana individu belum mempunyai simbol kata yang konsisten. Konstruk ini dialami/dipelajari individu sebelum perkembangan bahwa (masa bayi/kanak-kanak awal).

    Dalam proses memandang tingkah laku manusia, Kelly tidak mendasarkan kepada teori tradisional tentang motivasi. Kelly tidak mengkonstruk tingkah laku (behavior) dalam istilah-istilah itu menggambarkan bahwa manusia itu kaku (inert), padahal manusia itu pada dasarnya adalah aktif, organisme yang hidup dan berjuang. Dalam hal ini, Kelly merumuskan suatu postulat asumsi, bahwa “proses seseorang itu secara psikologis dijembatani oleh cara dia mengantisipasi peristiwa”.

Postulat itu mengimplikasikan bahwa:

a.       Individu mencari atau menyusun prediksi,

b.      Individu mengantisipasi peristiwa,

c.       Individu menggapai masa depan melalui jendela masa kini.

    Kelly membahas proses kompleks yang yang diperkenalkannya yaitu konsep anxiety dan threat. Ia mengartikan konsep-konsep itu sebagai:

Anxiety (cemas) adalah suatu pengenalan/pengakuan bahw peristiwa-peristiwa yang dikonfrontasikan kepada individu terletak di luar daerah sistem konstruknya.

Threat (ancaman) merupakan kesadaran akan ancaman terjadinya perubahan struktur ini (konstruk) dirinya. Seseorang merasa terancam, manakala dia merasa terjadinya goncangan dalam sistem konstruknya.

    Berdasarkan pengamatan Sechrest (1963), Kelly tidak pernah mengemukakan secara eksplisit tentnag sistem konstruknya yang asli. Kelly menyatakan bahwa konstruk-konstruk itu berasal/bersumber dari usaha mengkonstruksi replikasi (jawaban-jawaban) atas peristiwa-peristiwa yang terjadi. Dia telah mengelaborasi berbagai peristiwa sehingga terjadinya konstruk-konstruk yang berbeda, seperti konstruk yang sederhana dan rumit (kompleks).

 

Daftar Pustaka :

Feist Jess, Georgory J.  (2011).Teory Kepribadian,edisi7,buku2,jakarta selatan:Salemba Humanika.

https://www.kompasiana.com/fnuryakin/54f7091aa3331108208b467e/psikologi-dan-konstruk-personal-gkelly (diakses pada 25 Oktober 2020)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teori Kepribadian Abraham Maslow

  Mohammad Evansyah 19310410049 Psikologi Kepribadian II Dosen Pengampuh : FX. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A      Abraham Harold Maslow lahi...