Kamis, 22 Oktober 2020

TEORI KEPRIBADIAN RAYMOND CATTELL

 


Nama : Mohammad Evansyah

NIM : 19310410049

Mata Kuliah : Psikologi Kepribadia II

Dosen Pengampu : FX. Wahyyu Widiantoro, S.Psi., M.A


Raymond  Bernard Cattell dilahirkan dikota Staffordshire, Inggris pada tahun 1905 dan wafat pada 2 februari 1998. Cattell adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Beliau adalah salah satu tokoh psikologi paling berpengaruh di abad 20.

Menurut Cattell, kepribadian  merupakan suatu bentuk struktur kompleks dari trait dari berbagai macam kategori. Traits (sifat) adalah hipotesis atau simpulan struktur mental yang mendasari keajegan tingkahlaku amatan. Melalui analisis factor, Cattell mengklasifikasikan beberapa trait dalam 3 kategori,yaitu :

a.       Kepemilikan (Common-Unique traits)

-        Common traits adalah traits yang dimiliki oleh semua orang, dalam tingkatan-tingkatan tertentu dan bersifat universal.

-        Unique traits Unique traits adalah traits yang memiliki satu orang saja, tetapi bisa juga dimiliki oleh beberapa orang dengan kombinasi antar trait yang berbeda. Sifat unique ini terutama berhubungan dengan interest ian attitude.

b.      Kedalaman (Surface-Source Traits)

-        Surface traits adalah sifat yang tampak, yang menjadi tema umum dari beberapa tingkah laku.

-        Source traits adalah elemen-elemen dasar yang menjelaskan tingkahlaku. Sifat ini tidak dapat disimpulkan langsung dari amatan tingkahlaku, dan hanya dapat diidentifikasi memakai teknik analisis faktor. Source traits ini bisa bersifat konstitusional (dibawa sejak lahir), atau bersifat environmental-mold (diperoleh dari pengalaman berkomunikasi dengan lingkungan).

c.       Modalitas Ekspresi  (Ability-Temperament-Dynamic Traits)

-        Ability traits menentukan seberapa efektif seseorang dalam usaha mencapai tujuan.

-        Temperamen traits adalah gaya dan irama umum tingkah laku.

-        Dynamic traits berkaitan dengan motivasi atau kekuatan pendorong tingkah laku.

Cattell bersama-sama dengan pengikutnya mengembangkan lebih dan 400 tes untuk mengungkap sifat dinamik. Ada tiga jenis dynamic traits, yaitu :

-        sikap (attitude), adalah konsep tentang tingkah laku spesifik (atau keinginan untuk bertingkahlaku tertentu) sebagai respon terhadap situasi

-        sentimen (sentiment) merupakan sumber motivasi yang penting karena kecenderungannya melakukan respon terhadap situasi tertentu.

-       dorongan pembawaan (erg) merupakan unit dasar dari  motivasi dan diarahkan menuju tujuan yang spesifik.

 

Daftar Pustaka:

Alwisol.(2009). Psikologi Kepribadian. Malang:UMM Press

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teori Kepribadian Abraham Maslow

  Mohammad Evansyah 19310410049 Psikologi Kepribadian II Dosen Pengampuh : FX. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A      Abraham Harold Maslow lahi...